Minggu, 25 Oktober 2009



SWOT

1. STRENGTH

Koleksi museum Kebun Binatang Gembira Loka berbeda dengan koleksi yang ada di museum lain, karena koleksinya berupa benda hidup yaitu aneka satwa yang beraneka rupa, ragam, dan macam. Museum Kebun Binatang Gembira Loka juga sangat menarik untuk semua umur dan kalangan. Selain itu pihak museum sangat kreatif dan inovatif, saat ini banyak diselenggarakan acara yang cukup menarik di museum ini, seperti foto bersama aneka satwa, lomba-lomba menggambar dan mewarnai untuk anak-anak yang bertema satwa. Wahana yang ada di museum ini juga tidak boleh dilewatkan karena cukup bervariasi dan menarik. Tidak hanya wahana dan koleksi satwa saja, tetapi juga ada fasilitas bermain, seperti bebek air. Selain itu, di Museum Kebun Binatang Gembira Loka pengunjung juga dapat bersantai dengan menaiki bebek air. Di sini juga ada kereta mini yang digunakan untuk memudahkan pengunjung mengelilingi seisi Museum Kebun Binatang Gembira Loka . Suasana di Museum Kebun Binatang Gembira Loka begitu indah dan asri, juga pohon-pohonnya yang rimbun membuat pengunjung merasa nyaman.

2. WEAKNESS

Banyak fasilitas yang kurang terjaga dan terawat dengan baik, masih banyak dijumpai di beberapa tempat aroma yang tidak sedap. Penataan koleksi hewan yang kurang tertata dengan baik, kurangnya perawatan untuk satwa, kebersihan yang kurang terjaga sehingga banyak sampah berceceran yang mengganggu pandangan. Kurangnya kedisiplinan para pengunjung dalam mematuhi aturan yang berlaku dalam museum, ketidak tegasan pihak pengelola terhadap pelanggaran yang dilakukan pengunjung. Ketidaklayakan kandang satwa nenbuat satwa terlihat tidak nyaman dan tidak berperilaku atraktif seolah-olah pengunjung hanya melihat patung. Sarana dan prasarananya kurang terjaga karena banyak tangan jahil yang mencoret-coret fasilitas yang ada. Pagar pembatas wilayah museum juga kurang layak, sehingga banyak pengunjung illegal bisa masuk ke museum tanpa membayar karcis dan keadaan di dalam museum bisa terlihat jelas dari luar sehingga masyarakat merasa tidak perlu untuk masuk ke dalam untuk melihat koleksinya. Hal itu sangat merugikan bagi pemasukan museum

3. OPPORTUNITIES

Peluang dari museum ini sangat besar Museum Kebun Binatang Gembira Loka merupakan satu-satunya kebun binatang yang dapat ditemui se- DIY Jateng. Trnsportasi yang ada juga memudahkan untuk menjangkau Museum Kebun Binatang Gembira Loka dari berbagai penjuru. Hal ini juga didukung dengan adanya trans jogja. Adanya visit jogja 2009 yang dapat dijaduikan sarana promo9si untuk lebih banyak menarik pengunjung yang datang.

4. THREAT

Ancaman dari Museum Kebun Binatang Gembira Loka dikarenakan semakin banyaknya obyek wisata baru dan modern di jogja, sehingga mengurangi ketertarikan pengunjung terhadap kebun binatang yang kesannya kuno dan tidak menarik.Rendahnya minat penduduk local terhadap Museum Kebun Binatang Gembira Loka sehingga pendapatan museum hanya didapat pada saat liburan,itupun pengunjungnya kebanyakan berasal dari luar jogja.Sementara biaya transportasi antar kota saat ini yang cukup mahal, jika sudah seperti itu Museum Kebun Binatang Gembira Loka akan semakin terpuruk karena sedikitnya pengunjung yang datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar