Sabtu, 24 Oktober 2009

Museum Kebun Binatang Gembiraloka



Definisi museum menurut ICOM = (International Council of Museeum / Organisasi Permuseuman Internasional dibawah Unesco). Museum merupakan suatu badan yang mempunyai tugas dan kegiatan untuk memamerkan dan menerbitkan hasil-hasil penelitian dan pengetahuan tentang benda-benda yang penting bagi Kebudayaan dan llmu Pengetahuan. Museum adalah sebuah lembaga (badan) yang tetap, tidak mencari keuntungan, melayani masyarakat, perkembangannya terbuka untuk umum, yang memperoleh, merawat, meneliti dan menyajikan, untuk kepentingan studi (pendidikan), kesenangan, barang-barang atau benda pembuktian material manusia dan lingkungannya.

Pengertian museum dipertegas dengan Peraturan Pemerintah No 19 tahun 1995 tentang pemeliharaan dan pemanfaatan Benda Cagar Budaya di Museum, sebagai berikut:

Museum adalah sebuah lembaga tempat menyimpan, perawatan, pengamanan dan pemanfaatan benda bukti materil hasil budaya manusia serta alam dan lingkungannya guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian kebudayaan bangsa.

Dengan berdasarkan definisi tersebut, jelas bahwa museum adalah institusi yang permanen, merawat dan mengelola koleksi secara sistematik, untuk keperluan budaya, pendidikan dan keilmuan, bersifat publik, bukan merupakan badan usaha yang diharapkan dapat mendatangkan keuntungan materi, melainkan sebagai suatu badan tetap yang bersifat sosial serta sebagai tempat pendidikan non formal dan sebagai salah satu obyek wisata. (sumber : Museum Negeri Provinsi Sumater Utara).

Pada masa era modern (mileniium) ini tentunya seluruh masyarakat berlomba untuk memiliki dan menciptakan berbagai teknologi yang sangat canggih yang tentunya bertolak belakang dengan benda-benda purbakala yang dianggap membosankan dan kuno.

Untuk mengantisipai hal ini tentunya dibutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan tinggi untuk mengelola Museum agar dapat bersaing dengan zaman teknologi. Hal ini dapat dilakukan dengan penataan museum yang modern dan dilengkapi dengan fasilitas yang canggih pula yang sangat memadai untuk menarik minat masyarakat terhadap museum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar